Ini Fungsi Nomor IMEI di Smartphone dan Cara Melihatnya

Pentingnya nomor IMEI di Android, tanpa IMEI ponsel pastinya tidak akan berjalan semestinya alias mengalami gangguan, seperti Blank, tidak mendapatkan sinyal dan bisa juga ponsel tidak dapat digunakan untuk Telpon, Sms maupun internettan.
Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Operator ponsel biasanya menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

Apa Itu IMEI ? - IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah kode atau nomor identitas unik yang ada pada sebuah ponsel dan berisi sebuah informasi dari posen tersebut.
IMEI terdapat pada berbagai macam ponsel, tidak hanya ada pada Android, melainkan pada Iphone atau HP keluaran sebelumnya.

Cara Melihat Nomor IMEI di Android

Bagaimana cara mengetahui nomoe IMEI di android? sebenarnya ada berbagai macam cara. Di smartphone Android, anda bisa masuk ke menu Settings - About Pohone - Status.
Cara yang kedua anda dapat mengetikkan kode ini *#06# pada smartphone anda. Dan akan langsung tampil sebuah nomor IMEI nya seperti gambar berikut.
Ini Fungsi Nomor IMEI di Android dan Cara Melihatnya
Selain itu anda juga dapat mengetahui IMEI melalui sebuah box saat anda membeli sebuah smartphone. Terdapat label dibelakang kemasan produknya silahkan anda lihat gambar berikut ini.
Ini Fungsi Nomor IMEI di Android dan Cara Melihatnya

Apakah fungsi IMEI?

Setiap ponsel pada Android ataupun Iphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, hal ini bertujuan untuk membedakan antara ponsel satu dengan ponsel yang lainnya. IMEI juga bisa dibilang sebagai nomor Identitas dari sebuah smartphone.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Operator memanfaatkan IMEI ini untuk mencatat atau mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

So, hal ini menguntungkan bagi si pemiliik smartphone apabila sebuah smartphone miliknya hilang atau dicuri seseorang.

Apakah imei bisa dilacak ?

Nah jika smartphone yang anda miliki hilang atau dicuri, tetapi anda masih menyimpan nomor IMEI nya, sebaiknya segeralah melapor ke operator seluler yang anda gunakan agar dapat dilacak. Serta nomor ponsel dapat di block atau perangkatnya dapat dikunci sementara.

Dan jika anda membeli sebuah smartphone baru maupun bekas, ada baiknya anda selalu menyimpan nomor IMEI tersebut. Karena ini bisa saja diibaratkan seperti KTP. Ktp merupakan sebuah identitas seseorang.

Begitupun IMEI, nomor IMEI di Android merupakan sebuah identitas pada smartphone. Sudah paham kan sekarang seberapa pentingnya IMEI pada smartphone anda?

Baca Juga : Cara bermain game PSP di Android

Selesai sudah artikel yang saya buat, tentang Fungsi Nomor IMEI di Android. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian kata Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berwisata Sembari Keliling Kota Naik Aryo Blitar

Beli Tiket Pesawat Tanpa KTP?

Tips Liburan Murah dengan Kapal Pesiar